Saitama

Bagaimana cara Menjalankan Pemindaian Virus di Komputer saya?

Yuk Kasih Nilaimu!
Bagaimana cara Menjalankan Pemindaian Virus di Komputer saya

Microsoft Windows menyediakan setiap sistem perlindungan yang dibutuhkan dari malware baru dan berkembang yang berkeliaran di luar sana dengan fitur Microsoft Security-nya. Ini akan secara otomatis memindai sistem Anda untuk mendeteksi dan membasmi virus atau malware apa pun. Namun, terkadang Anda mungkin meragukan file atau aplikasi apakah aman untuk terus menggunakannya. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan pemindaian manual dengan Microsoft Security untuk memindai file atau aplikasi tertentu. Jadi untuk mendapatkan jawaban tentang cara menjalankan pemindaian virus di komputer saya, cara memindai virus di Windows 7, dan juga untuk mempelajari tentang pemindaian cepat Windows Defender vs pemindaian penuh, baca panduan ini sampai akhir.

Bagaimana cara Menjalankan Pemindaian Virus di Komputer saya

Bagaimana cara Menjalankan Pemindaian Virus di Komputer saya?

Karena Keamanan Windows memungkinkan pengguna untuk melakukan keduanya Cepat, Penuh, atau Pemindaian Offline Windows Defender, kami telah menyusun ketiga metode pemindaian ini satu per satu. Anda dapat mengikuti salah satu metode pemindaian ini untuk mendeteksi dan menghilangkan malware dari sistem.

Catatan: Disarankan untuk mencadangkan data Anda ke hard drive eksternal atau penyimpanan cloud untuk memastikan keamanan data. Juga, simpan semua perubahan yang dibuat pada file yang sedang dibuka sebelum memulai pemindaian.

Opsi I: Jalankan Pemindaian Cepat

Dengan Quick scan, Anda dapat dengan cepat mencari virus/malware di PC Windows 7/10 Anda dalam 10-15 menit. Perbedaan utama antara pemindaian cepat Windows Defender vs pemindaian penuh adalah bahwa dalam pemindaian cepat hanya file & folder yang paling mungkin untuk menangkap malware yang dicari sedangkan dalam pemindaian penuh, pemeriksaan menyeluruh dilakukan.

1. Pukul Tombol Windows + I secara bersamaan untuk membuka Pengaturan.

2. Di sini, klik Pembaruan & Keamananseperti yang ditunjukkan.

Pembaruan dan Keamanan

3. Pergi ke Keamanan Windows menu dan klik Perlindungan virus & ancaman seperti yang digambarkan di bawah ini.

pilih opsi Perlindungan virus dan ancaman di bawah Area perlindungan

4. Klik Scan cepat untuk memindai PC Anda dari malware dengan cepat.

klik Pemindaian cepat di menu Perlindungan virus dan ancaman.  Cara Memperbaiki .NET Runtime Optimization Service Penggunaan CPU Tinggi

5. Jika ada malware yang ditemukan, klik Mulai tindakan ke menghapus atau memblokir mereka dan restart PC Anda.

Semua ancaman akan terdaftar di sini.  Klik Mulai Tindakan di bawah Ancaman saat ini.

Baca juga: Apakah Anda Membutuhkan Firewall untuk Perangkat Android?

Opsi II: Jalankan Pemindaian Penuh

Dengan pemindaian penuh di Keamanan Windows, Anda dapat memindai semua file dan program yang sedang berjalan di hard disk Anda untuk menghilangkan virus. Di sisi lain, quick scan melakukan proses scanning pada folder-folder yang sering ditemukan ancaman. Inilah perbedaan antara pemindaian cepat Windows Defender vs pemindaian penuh.

Catatan: Pemindaian penuh akan memakan waktu setidaknya beberapa jam untuk diselesaikan. Bilah kemajuan yang menunjukkan perkiraan waktu yang tersisa dan jumlah file yang dipindai sejauh ini akan ditampilkan. Anda dapat terus menggunakan komputer Anda sementara itu.

1. Mencapai Tab perlindungan virus & ancaman dengan Langkah 1-3 dijelaskan dalam Opsi I.

2. Klik pada Opsi pemindaian di panel kanan.

Arahkan ke tab Perlindungan virus dan ancaman dan klik opsi Pindai di panel kanan.  Cara Memperbaiki Layar Sentuh Windows 10 Tidak Berfungsi

3. Pilih Memindai keseluruhan pilihan dan klik Memindai sekarang tombol untuk memulai proses.

Pilih Pemindaian Penuh di jendela berikut dan klik tombol Pindai Sekarang untuk memulai proses.

4. Setelah pemindaian selesai, setiap dan semua ancaman yang ditemukan akan terdaftar. Segera atasi dengan mengklik Mulai Tindakan tombol.

Semua ancaman akan terdaftar di sini.  Klik Mulai Tindakan di bawah Ancaman saat ini.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Firewall Windows 10

Opsi III: Jalankan Pemindaian Offline Microsoft Defender

Setiap malware yang ada di komputer Windows dapat diperbaiki menggunakan pemindaian Windows Defender. Ini pada dasarnya adalah alat pemindaian bawaan yang dapat menyingkirkan virus/malware perangkat lunak yang sulit di sistem Anda.

1. Navigasikan ke Tab perlindungan virus & ancaman seperti sebelumnya.

2. Klik pada Opsi pemindaian di panel kanan.

Arahkan ke tab Perlindungan virus dan ancaman dan klik opsi Pindai di panel kanan.  Cara Memperbaiki Layar Sentuh Windows 10 Tidak Berfungsi

3. Di sini, klik Pemindaian Offline Windows Defender > Memindai sekarang.

Pemindaian Offline Windows Defender di bawah Perlindungan virus dan ancaman Opsi Pemindaian Perbaiki Prompt Perintah Muncul kemudian Hilang di Windows 10

4. Windows Defender akan memeriksa dan menghapus malware yang ada di sistem Anda, dan PC Windows akan restart secara otomatis.

5. Setelah pemindaian selesai, Anda akan diberi tahu tentang hasil pemindaian. Selain itu, semua malware dan/atau virus yang ditemukan, akan dikarantina dari sistem.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

T. Seberapa sering Anda harus menjalankan pemindaian virus di komputer Anda?

Jwb. Disarankan agar Anda melakukan pemindaian virus pada sistem Anda sering untuk menghindari virus masuk tanpa izin dan file serta aplikasi lebih lanjut menjadi rusak.

Direkomendasikan:

Kami harap Anda mendapatkan jawabannya bagaimana cara menjalankan pemindaian virus di komputer saya pertanyaan. Kunjungi terus situs kami untuk tips & trik keren lainnya, dan tinggalkan komentar Anda di bawah.