Saitama

Cara memformat drive dari File Explorer di Windows 11

Jika Anda perlu memformat drive menggunakan Windows 11, Anda dapat melakukannya langsung dari File Explorer. Berikut cara melakukannya.

Saat Anda memformat drive di Windows 11, itu akan menghapus data yang ada di drive dan menyiapkannya untuk tugas lain. Saat Anda menghubungkan drive, secara internal atau eksternal, penting untuk memformatnya. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan hard drive dari semua file sampah dan potensi malware. Memformat drive juga merupakan cara yang bagus untuk memeriksa dengan cepat apakah drive berfungsi dengan baik atau tidak.

Proses pemformatan juga membantu Anda memastikan bahwa drive menggunakan pengaturan yang benar untuk PC Anda untuk menghindari masalah kompatibilitas. Setiap kali Anda memformat drive, apakah itu SSD atau hard drive biasa, Anda akan dapat memilih sistem file yang kompatibel seperti NTFS, FAT32, Di mana exFAT.

Berikut cara memformat drive menggunakan File Explorer di Windows 11.

Cara memformat drive di Windows 11

Kelas: Memformat drive akan menghapus semua data di dalamnya. Pastikan untuk mencadangkan semua file dan folder penting sebelum memulai proses pemformatan.

Untuk memulai, pastikan drive yang ingin Anda format terhubung dan dikenali oleh Windows 11. Kemudian klik kanan pada untuk memulai dan klik Penjelajah Berkas menu yang muncul.

Penjelajah Berkas

Perlu juga dicatat bahwa Anda dapat membuka File Explorer dengan mengklik ikon folder di bilah tugas.

Bilah tugas ikon penjelajah file

Setelah file explorer terbuka, klik PC ini di kolom kiri. Klik kanan pada drive yang ingin Anda format di bawah Periferal dan drive judul, lalu klik format dari menu pop-up yang muncul.

Format PC ini

Opsi pemformatan

Kemudian pilih dari opsi berikut di format menu untuk memformat disk Anda:

  • Kapasitas: Kapasitas data maksimum hard drive setelah diformat. Perhatikan bahwa proses pemformatan memakan ruang disk.
  • Berkas sistem: Ini mewakili struktur data yang mendefinisikan bagaimana data disimpan di drive. Ada tiga sistem file yang dapat dipilih:FAT32, NTFS dan exFAT. Gunakan yang terakhir jika Anda berencana untuk menggunakan pemutar di macOS dan Windows. Untuk Windows 10/11, gunakan NTFS sistem. FAT32 memiliki batas 4 GB dan tidak optimal di lingkungan komputasi modern. Pengguna Mac harus memilih exFAT dari pada.
  • Ukuran unit alokasi: Ukuran satuan, alias “Ukuran kelompok, “Diatur ke 4 kilobyte untuk NTFS secara default, yang merupakan blok kecil. Menyesuaikan itu adalah sesuatu yang akan dilakukan pengguna pada hari-hari ketika semua yang kami miliki hanyalah hard drive yang besar dan lambat. Hari ini Anda dapat menyimpannya di default tanpa masalah.
  • Label volume: Nama volume hanyalah nama yang ingin Anda tetapkan ke drive. Setelah memformat, Anda akan melihat nama drive di file explorer.
  • Opsi pemformatan: A. format cepat Melakukan pemformatan tingkat tinggi, tetapi hanya menghapus tabel sistem file dan folder root. Ini berarti bahwa data masih ada di drive dan dapat dipulihkan. Namun, saat Anda menggunakan drive, data yang tersisa akan ditimpa. Jika Anda melakukan format lengkap (yang memakan waktu lebih lama), Windows akan memindai sektor buruk dan menulis nol di setiap sektor, menghapus semua data dan membuatnya tidak dapat dipulihkan. Opsi ada di tangan Anda, tetapi Anda mungkin ingin melakukan format penuh pada drive yang memiliki banyak data sensitif dan pribadi.

Lanjutkan untuk memformat drive

Setelah membuat pilihan pemformatan, tekan tombol untuk memulai tombol di format jendela.

opsi pemformatan drive

Kemudian Anda akan melihat pesan peringatan yang memberi tahu Anda bahwa semua data akan dihapus. Sekali lagi, pastikan bahwa semua data pada drive yang Anda butuhkan telah dicadangkan.

Saat Anda siap, klik Oke untuk memulai proses.

peringatan pemformatan data

Anda akan melihat bilah kemajuan selama proses pemformatan. Waktu yang diperlukan akan bervariasi tergantung pada ukuran drive, jumlah data yang dikandungnya, dan apakah Anda memilih untuk “memformat cepat” drive atau tidak.

Setelah proses pemformatan selesai, akan muncul pesan – klik Oke untuk mengkonfirmasi.

format lengkap

Menggunakan drive Anda yang diformat di Windows 11

Langkah-langkah di atas seharusnya membantu Anda memformat drive dengan sukses di Windows 11.

Pada titik ini, drive Anda siap digunakan – semua data yang ada akan dihapus dan Anda dapat mulai menggunakannya lagi. Anda dapat membuka File Explorer> PC ini dan lihat drive baru yang terdaftar di bawah Periferal dan drive bagian.

penjelajah file drive yang diformat

Jika Anda mengalami masalah dengan Windows 11, Anda dapat memutuskan untuk membuat drive USB bootable Windows 11 untuk memperbaikinya. Setelah membuat drive yang dapat di-boot, Anda kemudian dapat melakukan instalasi bersih Windows 11 untuk memulihkan PC Anda.