Saitama

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan keamanan Windows di Windows 11

Yuk Kasih Nilaimu!

Keamanan Windows adalah perlindungan Windows 11 terhadap virus dan malware. Jika Anda perlu mengaktifkan atau menonaktifkannya, begini caranya.

Keamanan Windows (sebelumnya Windows Defender dan nama lainnya) di Windows 11 adalah suite perlindungan virus dan malware terintegrasi Microsoft. Windows Security Real-time Antivirus diaktifkan secara default dan kami menyarankan Anda untuk tetap seperti itu. Namun, mungkin ada saatnya Anda harus mematikannya.

Mungkin Anda ingin mematikannya karena preferensi pribadi. Anda mungkin perlu mengakses file aman yang diketahui, tetapi ditandai sebagai ancaman. Anda mungkin menggunakan rangkaian keamanan pihak ketiga, atau Anda mungkin memiliki kios yang tidak terhubung ke jaringan.

Apa pun alasannya, berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan keamanan Windows di Windows 11.

Mengaktifkan atau menonaktifkan keamanan Windows di Windows 11

Untuk membuka Keamanan Windows, klik kanan pada untuk memulai tombol dan pilih Pengaturan. Atau, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Tombol Windows + I untuk membuka menu Pengaturan secara langsung.

Buka pengaturan

Ketika jendela Pengaturan terbuka, klik Privasi dan Keamanan> Keamanan Windows.

Privasi dan keamanan Windows 11

Kemudian klik pada Buka Keamanan Windows tombol.

Buka Keamanan Windows

Ini membuka Keamanan Windows Anda akan melihat berbagai perlindungan yang diberikan setelahnya dan statusnya.

Sekilas tentang keselamatan

Mematikan Perlindungan terhadap virus dan ancaman (perlindungan virus bawaan Anda), klik di sebelah kiri. Di bawah “Pengaturan perlindungan virus dan ancaman“Bagian, klik Kelola pengaturan Menghubung.

pengaturan perlindungan virus dan ancaman

Jelajahi dan aktifkan atau nonaktifkan perlindungan yang Anda inginkan selanjutnya. Perlindungan waktu nyata adalah bagian besar dari keamanan Windows – saat Anda mematikannya, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkannya kembali.

Jika Anda mematikannya, itu untuk waktu yang terbatas, tetapi akan menyala kembali secara otomatis. Ada baiknya jika antivirus memblokir akses ke file yang Anda tahu aman.

Nonaktifkan perlindungan waktu nyata

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan bagian lain dari suite, seperti Perlindungan yang diberikan cloud, Pengiriman sampel otomatis, Akses terkontrol ke file, dan banyak lagi.

Pesan Peringatan Keamanan Windows

Nonaktifkan Antivirus Microsoft melalui Kebijakan Grup

Jika Anda menggunakan Windows 11 Pro, Anda dapat menggunakan Strategi kelompok untuk menonaktifkan antivirus secara permanen. Namun, ada peringatan kecil tentang ini. Sebelum Anda mulai, Anda harus mematikan “Tperlindungan ampere“Di aplikasi Keamanan Windows.

Perlindungan Tamper melindungi terhadap perubahan yang tidak sah pada sistem. Jika perlindungan tamper diaktifkan dan Anda membuat perubahan pada Kebijakan Grup, Keamanan Windows akan mengembalikan perubahan pada saat Anda me-restart PC Anda.

Nonaktifkan perlindungan pemalsuan

Untuk menonaktifkan perlindungan tamper, tekan untuk memulai (atau tekan tombol Windows) dan ketik keamanan jendela-Pilih Pertandingan terbaik pilihan di atas.

Lalu tekan Perlindungan virus dan ancaman> Kelola pengaturan. Gulir ke bawah dan ubah Perlindungan diri pengaturan pada Dinonaktifkan.

Perlindungan Tamper Dinonaktifkan

Itu dia. Anda dapat terus membuat perubahan Kebijakan Grup dan menonaktifkan Antivirus Keamanan Windows secara permanen.

Nonaktifkan Windows Defender Antivirus secara permanen dengan Group Policy Editor

Untuk mematikan Antivirus Keamanan Windows menggunakan Editor Kebijakan Grup, ketuk untuk memulai atau tekan tombol Windows. Kemudian ketik, gpedit.msc dan pilih Pertandingan terbaik hasil.

gpedit

Saat Editor Kebijakan Grup Lokal terbuka, navigasikan ke jalur berikut:

Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Microsoft Defender Antivirus

Kemudian klik dua kali pada Nonaktifkan Antivirus Microsoft Defender kebijakan yang ditunjukkan di sebelah kanan.

nonaktifkan windows defender gpedit

Meletakkannya di Diaktifkan opsi untuk menonaktifkan antivirus, lalu klik Untuk melamar lainnya Oke.

nonaktifkan Microsoft Defender Antivirus

Anda harus memulai ulang Windows 11 agar perubahan diterapkan. Jika Anda membuka Keamanan Windows, Anda akan melihat bahwa perlindungan virus dan ancaman dinonaktifkan.

Jika Anda ingin menyalakannya kembali, Anda tidak perlu kembali ke Kebijakan Grup. Sebagai gantinya, Anda dapat mengklik Menyalakan Tombol aplikasi Keamanan Windows.

perlindungan virus dan ancaman dinonaktifkan

Ketika Anda kembali dari memulai ulang, perhatikan bahwa bagian antivirus dari keamanan Windows akan dinonaktifkan. Namun, Anda masih akan melihat ikon “Perisai” di bilah tugas. Ini karena ikon adalah bagian dari seluruh aplikasi keamanan Windows, bukan hanya program antivirus.

Selama Antivirus Real-Time dinonaktifkan, bagian lain dari rangkaian keamanan akan terus berfungsi. Misalnya, Anda dapat membuka Windows Security dan mengaktifkan atau menonaktifkan perlindungan lain, seperti Defender Firewall.

pelindung firewall

Perhatikan bahwa Anda harus menjalankan Windows 11 Pro untuk menggunakan Kebijakan Grup. Versi Beranda tidak menyertakannya. Tentu saja, Anda selalu dapat memutakhirkan Windows 11 Home ke Pro.

Jika Anda baru menggunakan Windows 11 dan bukan penggemar UI, baca cara memindahkan tombol Mulai ke kiri.