Saitama

Cara mengaktifkan Wake on LAN di Windows 11

Yuk Kasih Nilaimu!

Wake on LAN memungkinkan Anda untuk membangunkan dan mengontrol PC jarak jauh di jaringan Anda. Jika Anda ingin mengaktifkan Wake on LAN di Windows 11, inilah yang perlu Anda lakukan.

Bangun di LAN (WoL) adalah fitur jaringan yang telah digunakan oleh para profesional TI selama bertahun-tahun. WoL memungkinkan Anda untuk membangunkan komputer jarak jauh dari jarak jauh melalui paket data “ajaib” yang dikirim dari PC lain di jaringan Anda.

PC jarak jauh “mendaftar” dalam mode siaga atau hibernasi untuk paket data. Jika paket terdeteksi, PC Anda akan aktif. Ini memungkinkan akses yang lebih mudah ke mesin Windows lainnya di jaringan, yang berarti Anda tidak perlu menyentuh PC lain secara fisik untuk membangunkannya dan mulai menggunakannya.

Jika Anda ingin mengaktifkan Wake on LAN di Windows 11, inilah yang perlu Anda lakukan.

Cara mengaktifkan Wake on LAN di BIOS

Untuk menggunakan Wake on LAN di Windows 11, Anda harus memastikan jaringan Anda dikonfigurasi untuk mengizinkannya.

Misalnya, Anda perlu memastikan bahwa semua PC Anda terhubung ke jaringan Anda menggunakan koneksi Ethernet kabel, karena fitur ini tidak didukung di jaringan Wi-Fi. Jika Anda memiliki PC tanpa port Ethernet, Anda tidak dapat menggunakan Wake di LAN secara langsung.

Anda memerlukan adaptor LAN USB 3.0 ke RJ45 Gigabit Ethernet (Anda juga bisa mendapatkan adaptor Ethernet USB-C). Diperlukan jaringan P2P antar PC, dan PC yang “terbangun” harus dalam mode siaga atau hibernasi.

Aktifkan Wake on LAN di BIOS / UEFI

Sebelum memutakhirkan ke Windows 11, Anda harus memastikan bahwa Wake on LAN diaktifkan di pengaturan BIOS atau UEFI PC. Biasanya Anda dapat masuk ke menu BIOS / UEFI dengan menekan Menghapus atau dengan menekan tombol fungsi seperti F2 Di mana F12 selama proses booting.

Selanjutnya, periksa pengaturan di bawah “Opsi Daya” atau di bagian “Lanjutan” pada menu BIOS / UEFI dan aktifkan opsi Wake on LAN. Langkah-langkah ini bervariasi tergantung pada PC Anda, jadi jika Anda tidak yakin, periksa dokumentasi dukungan pabrikan PC Anda.

Aktifkan Wake on LAN di Windows 11

Jika pengaturan BIOS / UEFI Anda dikonfigurasi, Anda kemudian dapat mengonfigurasi Windows 11 untuk mendukung fungsionalitas Wake on LAN.

Untuk melakukan ini, klik kanan pada tombol Start dan pilih Pengaturan perangkat pada menu yang muncul.

Mulai pengelola perangkat

Kemudian gulir ke bawah dan perluas Adaptor jaringan dalam Pengaturan perangkat jendela. Klik kanan pada adaptor Ethernet dan pilih Properti.

Properti kartu jaringan

Klik itu Manajemen daya tab dan pastikan untuk memeriksa semua opsi yang tersedia termasuk Izinkan hanya paket ajaib untuk membangunkan komputer.

buru-buru Oke untuk menyimpan pengaturan Anda.

Pengaturan daya

Sekarang pilih Canggih di jendela properti kartu Ethernet.

Gulir ke bawah dan sorot Bangun Paket Ajaib di properti pilihan, atur “Nilai” kotak Diaktifkan, dan klik Oke.

bangun untuk paket ajaib

Wake on LAN sekarang diaktifkan di PC Anda dan Anda mulai menggunakannya, tetapi jika itu tidak berhasil, restart PC Anda terlebih dahulu. Anda perlu memverifikasi bahwa PC Anda dalam mode tidur atau hibernasi agar ini berfungsi dan pastikan untuk menghubungkan PC Anda hanya melalui Ethernet.

Cara menggunakan Wake on LAN di Windows 11

Mengaktifkan WoL di Windows 11 hanyalah permulaan. Anda kemudian akan memerlukan alat Wake on LAN khusus untuk mengirim paket ajaib untuk membangunkan PC Anda.

Beberapa alat Wake on LAN gratis dan open source tersedia, termasuk nama imajinatif BangunOnLAN (diproduksi oleh Aquila Technology. Anda juga dapat mencoba WakeMeOnLAN (dibuat oleh NirSoft). Untuk artikel ini kami menggunakan WakeOnLAN, tetapi Anda bebas menggunakan alat WoL lain.

Temukan alamat MAC PC jarak jauh

Setelah mengunduh dan menginstal perangkat lunak, Anda perlu mengetahui alamat MAC dari PC jarak jauh yang ingin Anda bangun, Anda dapat menemukannya menggunakan baris perintah atau PowerShell.

Luncurkan salah satu utilitas melalui menu Mulai dan ketik ipconfig / all. Gulir daftar data untuk menemukan adaptor Ethernet. Alamat MAC adalah “Alamat fisik“Entri akan Anda lihat di hasil.

Alamat MAC CMD

Anda juga dapat menemukan alamat MAC melalui pengaturan. Membuka Pengaturan melalui menu Mulai, lalu pilih Jaringan dan Internet> Ethernet.

Gulir ke bawah untuk melihat alamat fisik (MAC) yang tercantum dalam informasi koneksi.

Pengaturan Alamat MAC

Mengirim paket WoL dengan WakeOnLAN

Sekarang setelah Anda memiliki alamat MAC, Anda dapat memulai dengan aplikasi WakeOnLan. Luncurkan aplikasi melalui Mulai, lalu ketuk File> Host Baru.

WakeOnLan File Host Baru

Kemudian masukkan nama untuk mesin tersebut. Anda juga dapat memberikan nama grup (untuk memisahkan PC ke dalam grup tertentu) dan catatan deskriptif.

Properti tampilan WakeOnLan

Klik itu Bangun tab dan ketik Alamat MAC PC jarak jauh, lalu pilih IP siaran tombol.

Tinggalkan Siaran bidang sebagai entri default. Untuk FQDN / IP bidang, masukkan nama host PC.

Masukan WakeOnLan

Jika Anda perlu menemukan nama PC jarak jauh, tekan Mulai> Pengaturan> Tentang. Jika memiliki nama host yang tidak biasa, Anda mungkin ingin mengganti nama mesin terlebih dahulu.

Sistem Tentang nama PC

Kemudian klik kanan pada mesin remote yang ingin Anda bangun dan pilih “Bangun“Dari menu. Setelah PC berjalan, Anda dapat menggunakan Remote Desktop (RDP) untuk menghubungkannya.

Bangunkan mesin jarak jauh

Pemantauan PC Windows 11

Jika Anda mengaktifkan Wake on LAN di Windows 11, Anda bebas mengakses dan mengontrol PC Anda dari jarak jauh. Langkah-langkah di atas akan membantu Anda memulai, dan jika Anda menggunakan WoL di Windows 10, langkah-langkahnya seharusnya tidak terlalu berbeda.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mematikan PC Anda, menghemat uang untuk tagihan energi Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jaringan Windows 11, pelajari cara mengatur koneksi terbatas. Untuk keamanan yang lebih baik dan pengalaman menjelajah web yang lebih cepat di PC Windows 11 Anda, Anda mungkin ingin mengubah pengaturan DNS Anda berikutnya.