Saitama

Cara menginstal Subsistem Windows untuk Linux di Windows 11

Windows Subsystem for Linux (WSL) memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi dan layanan Linux dalam lingkungan virtual yang ringan di Windows 11. Berikut cara menggunakannya.

Windows Subsystem for Linux (WSL) memungkinkan Anda menjalankan perangkat lunak Linux pada PC Windows 11. Dengan mengaktifkan WSL, Windows dapat menjalankan distribusi Linux secara bersamaan.

Microsoft memungkinkan Anda mengaktifkan WSL di semua versi utama Windows 11, yang berarti Anda tidak perlu menurunkan versi dari Windows 11 Home ke Pro untuk menggunakannya. Windows 11 menggunakan WSL 2.0, versi terbaru dari WSL yang dirancang untuk menjalankan kernel Linux lengkap di lingkungan Hyper-V.

Setelah WSL berjalan, Anda akan memiliki akses ke shell Linux dari terminal Windows yang baru. Dari sana, Anda dapat menggunakan perintah untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Linux dengan perangkat lunak Windows. Windows 11 menyertakan dukungan untuk aplikasi Linux yang berjalan dengan akses GPU, menjadikannya alat serbaguna untuk berbagai jenis pengguna.

Berikut cara agar Subsistem Windows untuk Linux berfungsi di PC Windows 11 Anda.

Cara menginstal Subsistem Windows untuk Linux di Windows 11

Cara tercepat untuk menginstal WSL di Windows 11 adalah dengan menggunakan Command Prompt atau PowerShell. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan salah satu dari alat ini: pilih lingkungan di mana Anda merasa paling nyaman.

Untuk melakukan ini, buka menu Start (atau tekan tombol Windows) dan ketik cmd untuk mencari command prompt atau powershell untuk membuka jendela PowerShell baru. Arahkan kursor ke atas Pertandingan terbaik hasilnya, lalu pilih Jalankan sebagai administrator di kanan.

Jika prompt UAC muncul, pastikan untuk mengizinkan aplikasi yang Anda pilih untuk dijalankan.

mulai administrator cmd

Di jendela PowerShell atau Command Prompt tingkat Administrator, Anda dapat menginstal dan mengaktifkan WSL dengan satu perintah. Untuk melakukan ini, ketik perintah berikut dan tekan Enter:

wsl --install

Perintah instal WSL

Anda harus menunggu Windows 11 untuk mengaktifkan WSL, mengaktifkan dukungan GUI aplikasi, dan menginstal distribusi Linux default (Ubuntu) di PC Anda. Anda dapat mengikuti kemajuan instalasi di jendela.

Menginstal WSL dan Ubuntu

Ketika instalasi selesai, Anda akan melihat pesan yang meminta Anda untuk me-restart PC Windows 11 Anda untuk menyelesaikan instalasi.

mulai ulang Windows 11

Setelah memulai ulang PC Anda, masuk ke Windows dan Anda akan menemukan bahwa Anda dapat menggunakan sistem Linux Anda.

Untuk meluncurkan WSL, buka menu Start – Anda harus menemukan Ubuntu di bawah “Baru-baru ini dipasang“Bagian. Anda juga dapat menemukannya secara manual di bawah huruf pertama dalam daftar aplikasi.

Ubuntu baru saja ditambahkan

Cara menginstal distribusi WSL Linux alternatif

Perlu juga dicatat bahwa Anda tidak harus menggunakan Ubuntu dengan WSL – Anda dapat menginstal versi Linux lainnya. Untuk menemukan distribusi Linux yang tersedia di PC Anda, masukkan yang berikut ini di jendela Command Prompt, PowerShell, atau Windows Terminal Anda:

wsl -l -o

versi linux yang tersedia

Kemudian ketik berikut ini, ganti distribusi dengan nama distribusi Linux yang ingin Anda instal:

wsl --install -d distro

Misalnya, jika Anda ingin menginstal openSUSE, Anda harus memasukkan yang berikut ini:

wsl --install -d openSUSE

instal distribusi linux lain

Seperti halnya Ubuntu, berikan waktu untuk wsl perintah untuk menginstal distribusi favorit Anda.

Cara menginstal distribusi Linux dari Microsoft Store

Jika Anda tidak nyaman dengan alat baris perintah, Anda dapat menginstal Linux melalui Microsoft Store. Menginstal Linux dari Store sama seperti menginstal aplikasi lain dari Store. Pertama, Anda perlu memverifikasi bahwa WSL diaktifkan.

Untuk melakukan ini, tekan Mulai (atau tekan tombol Windows) dan ketik optionnelfeatures.exe. Pilih Pertandingan terbaik hasil di atas.

mulai exe fitur opsional

Dalam “fitur Windows“Kotak, pilih Subsistem Windows untuk Linux kotak centang dan klik Oke.

Fitur opsional WSL

Tunggu hingga perubahan selesai, lalu restart PC Anda.

Mulai ulang Windows 11

Setelah Anda me-restart PC Anda, buka aplikasi Microsoft Store dari taskbar atau menu mulai dan cari “Linux. “

Anda akan melihat beberapa distribusi yang tersedia, termasuk Kali Linux, Debian, Ubuntu, dll. Pilih distribusi Linux yang ingin Anda gunakan, lalu klik Memiliki untuk mulai menginstalnya.

Microsoft Store Linux

Microsoft Store akan mengunduh dan menginstal distro Linux Anda pada saat ini – tunggu beberapa saat hingga ini selesai. Mirip dengan metode Command Prompt di atas, Anda akan menemukannya di menu Start setelah instalasi selesai.

Menu Mulai Windows 11 Ubuntu

Cara mengakses shell Linux di Windows 11

Windows 11 menyertakan aplikasi terminal baru (disebut Terminal Windows) yang memungkinkan Anda untuk beralih antara PowerShell, Command Prompt, dan jenis jendela administratif lainnya. Jika Anda menginstal dan mengaktifkan Subsistem Windows untuk Linux di Windows 11, Anda dapat menggunakan Terminal Windows baru untuk mengontrol shell Linux Anda.

Untuk melakukan ini, klik kanan pada menu Start dan pilih Terminal Windows (administrator). Kemudian pilih + ikon (tambah) di bilah tab di bagian atas, lalu pilih distribusi Linux Anda (misalnya, Ubuntu) dari daftar.

Jika Anda tidak melihatnya, luncurkan Ubuntu terlebih dahulu dari menu Start, lalu buka Terminal – maka itu akan muncul di daftar drop-down.

Ubuntu dari PowerShell

Anda sekarang memiliki akses ke shell Linux, seolah-olah Anda menggunakan PC Linux. Anda dapat mulai mempelajari dan mempraktikkan perintah Linux untuk menggunakannya di sini, atau Anda dapat menggunakannya untuk mengubah pengaturan Ubuntu Anda.

Ubuntu Bash di Windows 11

Cara menguji Subsistem Windows untuk Linux di Windows 11

Jika Anda tidak tahu cara memeriksa apakah WSL berfungsi, Anda dapat menggunakan Terminal Windows untuk melakukannya.

Pertama, buka terminal baru dengan mengklik kanan pada menu Start dan memilih Terminal Windows (administrator). Di jendela terminal, tekan + (lebih), lalu pilih Ubuntu. Anda juga dapat meluncurkan Ubuntu dari menu Start.

Setelah Anda siap menggunakan WSL, Anda dapat menggunakan game Linux bernama Pembalap Tux untuk melihat apakah WSL bekerja dengan benar. Langkah-langkah ini hanya akan berfungsi jika Anda menggunakan WSL dengan Ubuntu, Debian, atau distribusi terkait.

Untuk melakukannya, ketik perintah berikut ke terminal WSL Linux Anda, satu demi satu:

sudo apt update
sudo apt upgrade

Anda juga dapat menjalankannya bersama-sama (sudo apt update && sudo apt update). Setelah perintah ini selesai memeriksa pembaruan, masukkan perintah berikut untuk menginstal game:

sudo apt install extremetuxracer

instal perintah TUX

Ketika prompt menanyakan apakah Anda ingin melanjutkan, ketik Ya dan tekan Enter.

Ya untuk menginstal Tux

Instalasi Tux Racer membutuhkan waktu beberapa detik. Setelah selesai, Anda akan menemukan aplikasi Linux di menu Start – ketuk untuk menjalankannya seperti yang Anda lakukan pada aplikasi Windows lainnya.

Extreme Tux Racer diinstal Mulai Windows 11

Di sini adalah! Anda sekarang menjalankan aplikasi Linux pertama Anda di Windows 11. Selamat bersenang-senang!

Pembalap Tux Ekstrim di Windows 11

Menggunakan Subsistem Windows untuk Linux di Windows 11

Menggunakan Subsistem Windows untuk Linux di Windows 11 memberi Anda akses penuh ke aplikasi dan layanan Linux tanpa perlu menginstal ulang atau mem-boot ganda sistem Anda. WSL adalah cara terbaik untuk mengakses aplikasi Linux di PC Windows – jika Anda tidak menyukai distro yang Anda gunakan, Anda selalu dapat beralih ke yang lain melalui Microsoft Store atau aplikasi Terminal Windows yang baru.

Jika Anda baru menggunakan Windows 11, lihat fitur opsional lainnya, seperti mengaktifkan .NET Frameworks lama untuk menjalankan game dan aplikasi retro.